Tuesday, February 21, 2012

Berapa lama sih naskah saya dapat kabar dari agensi naskah?

Tergantung! Bahkan, dalam tempo hitungan hari kadang ada naskah langsung diACC klien kami, namun jika dalam kurun waktu maksimal 2 bulan belum ada kabar maka artinya klien penerbit belum ada yang terpikat.

Salah satu penulis produktif kami @Bobby Hardika, merupakan penulis yang kami temukan ketika ada acara di sebuah kampus. Dia tidak pernah lelah mengirimkan naskahnya, berkali-kali, dan sebagian besar TERTOLAK tetapi kini dia sudah memiliki 3 novel yang sudah bereda. Salah satunya novel ini...

Hingga sekarang Bobby tidak pernah lelah mengirim tulisannya. Kami berharap dia terus SEMANGAT dan karyanya terus muncul di pasaran. Selamat Bobby...

Read more

Pertimbangan Penerbit

Kenapa memilih Indscript untuk bekerjasama?


Beberapa pertimbangan para PENERBIT untuk memilih kami dalam hal penyaluran naskah:

1. Bukan Hanya MENYALURKAN. Naskah yang diberikan pada penerbit, sudah dalam posisi edit, sehingga memudahkan untuk melakukan kroscek naskah berikutnya.

2. PENULIS yang kooperatif dalam hal revisi naskah. Kapanpun agensi siap dihubungi dan penulis kapanpun siap merevisi. Agensi bisa dihubungi di FB, YM, email, hingga twitter.

3. PROMOSI buku secara aktif dilakukan oleh agensi naskah di berbagai media cetak ataupun elektronik, secara online maupun offline, bekerjasama dengan penulis dan penerbit membuat umur buku lebih panjang kalau perlu masuk jajaran buku LARIS :)

4. Adanya KOMUNITAS yang dimiliki oleh agensi naskah memungkinkan penyebaran informasi buku terbit semakin cepat tersebar.

5. Kerjasama antara agensi naskah dengan berbagai media cetak semakin memudahkan promosi buku.

Beberapa penerbit yang sudah bekerjasama dengan kami: Gramedia Pustaka Utama, Penebar Plus, Griya Kreasi, Rumah Ide, Galang Pressindo, Gradien Mediatama, dan penerbit lainnya. Nah, penerbit Anda berminat bekerjasama dengan kami?

Salam bisnis,
Agensi Naskah IndscriptCreative



Read more

Friday, February 17, 2012

Naskah yang Dicari

Naskah apa yang sedang dicari klien kami?
1. Desain Interior dan Arsitektur 
2. Komputer
3. Buku agama dengan temuan-temuan sains mutakhir
4. Naskah/biografi dari tokoh/selebriti terkenal

5. Genre mengungkap fakta-fakta sejarah seperti Untold Story Soeharto, G30 S PKI
6. Buku agama untuk anak-anak dengan genre cerita ringan yang humanis

Selamat menulis,
Agensi Naskah IndscriptCreative
Read more

bagaimana sih proses TERBITNYA sebuah buku melalui agensi naskah?

1. Penerimaan NASKAH/OUTLINE akan dicek ricek sebelum dipromosikan ke penerbit.
2. PROMOSI naskah ke klien penerbitan
3. ACC Outline atau naskah oleh penerbit yang akan ditindaklanjuti dengan informasi ke penulis untuk digarap, sebelumnya akan dibuatkan SPK
4. Penggarapan memakan waktu 3 minggu - 1 bulan
5. Penyerahan naskah oleh penulis kepada agensi
6. EDITORIAL mencakup mekanikal dan kevalidan data dalam naskah
7. Jika ada REVISI maka penulis harus merevisi dengan tepat dan cepat
8. Naskah selesai editing akan disetor kepada klien penerbit
9. Biasanya akan ada proses REVISI dari penerbit kepada agensi naskah/penulis, dan proses revisi kedua dilakukan
10. LAYOUT buku dilakukan plus pembuatan COVER
11. PROOFING layout untuk memastikan tidak ada yang terlewat meminta ACC agensi naskah dan penulis
12. PROOFING Cover meminta ACC agensi naskah dan penulis
13. Tandatangan Kontrak Perjanjian Penerbitan dilakukan tiga pihak (Royalty)
14. TERBIT!
15. Dikirim bukti terbit pada agensi dan didistribusikan pada penulis
16. PROMOSI BUKU bisa berupa launching, resensi, hingga bedah buku :)

Selamat menulis dan semoga bisa bekerjasama dengan kami,
Agensi Naskah IndscriptCreative
Read more

Thursday, February 16, 2012

Buku Bisnis


Harga Rp 43.000,-
Bisa dibeli di pesanbuku.indscript@gmail.com


Harga Rp 38.000,-
Bisa dibeli di pesanbuku.indscript@gmail.com




Harga Rp 26.000,-
Bisa dibeli di pesanbuku.indscript@gmail.com



Harga Rp 38.000,-
Bisa dibeli di pesanbuku.indscript@gmail.com





Harga Rp 35.000,-
Bisa dibeli di pesanbuku.indscript@gmail.com




Read more

Menentukan Jumlah Halaman Buku



 Oleh: Dyah Prameswari, Manager Marketing Indscript Creative


“Eh, Dy, kok bisa sih jumlah halaman bukunya kita yang menentukan? Bukannya terserah penerbit?”
Giliran saya yang bingung, wong sama-sama pemula! Hihihi…       

Bergurulah saya pada sang master yang sudah terkenal di jagad perbukuan. Hujan, badai, dan teriknya panas tak menghalangi saya untuk mengenal istilah KATERAN. Sekali lagi, KATERAN, bukan kateter!

Well, jumlah halaman buku tidak sembaranagn ditentukan. Tentu saja, perhitungannya ada;ah perhitungan ekonomis pemakaian kertas. Lalu, kenapa berpengaruh terhadap outline? Toh, baru outline saja kan?

Penulis mestinya punya gambaran atau deskripsi mengenai buku yang akan ditulisnya. Diterbitkan atau tidak. Entah itu kaver depannya, penampakan bagian dalam ataupun tebal jumlah halaman. Kalau penulisnya saja tidak punya gambaran tentang bukunya sendiri, bagaimana kita mau menyakinkan penerbit?

Masalah apakah nantinya itu disetujui oleh penerbit, itu belakangan. Yang penting NARSIS tapi ya ga kebangetan juga :p

Kembali ke jumlah halaman buku. Ukuran buku harus dioptimasi menyesuaikan ukuran kertas yang dipakai. Lembaran kertas tersebut dilipat-lipat mengikuti aturan 16. Selembar kertas dilipat tiga kali, maka kita akan mendapatkan 16 halaman. Ini dia yang disebut 1 kateran.

Buku akan lebih ekonomis kalau berjumlah halaman kelipatan 16. Karena itu umumnya buku berhalaman 24, 32, 48, 64, 160, dst.

Naskah dari penulis akan diolah sedemikian rupa agar memenuhi jumlah halaman terdekat dari sekian kateran. Apa saja yang mempengaruhi ukuran buku? Jenis buku, font, ukuran buku hingga tata letak isinya.

Pernah menemukan buku dengan iklan di belakangnya? Atau malah dibiarkan kosong melompong. Itu karena halaman berlebih yang tidak sengaja dilebihkan (karena setelah lay out buku kita mentok cuma 30 halaman, misalnya), dan tidak bisa dibuang. Artinya, naskah kita kurang pas memenuhi kuota. Dengan mengetahui aturan ini, kita bisa merencanakan naskah dengan lebih efektif.

Lalu, bagaimana menentukan perkiraan halaman naskah yang kita buat dengan halaman buku jadi? Buat saja halaman yang akan kita tulis dengan jumlah sesuai kateran tadi. Biasanya tidak terlalu jauh berbeda.
Contoh:
Tebal halaman: 112 halaman
Tebal halaman asli: 132 halaman

Sekali lagi, ini sekedar SHARING. Yang punya pengalaman lebih, monggo ditambahkan. Jangan sungkan-sungkan, biar sama-sama belajar.  :)
Read more

Mengirim Outline ke Redaksi Kami?



Dear penulis dan calon penulis Indscript Creative, untuk lebih menyempurnakan pelayanan kami ke klien yang kini berjumlah lebih dari 30 penerbit. Kami mengatur standar pembuatan outline untuk dilengkapi dengan hal-hal berikut:

  1. Judul
  2. Alternatif judul
  3. Rencana jumlah halaman naskah
  4. Rencana jumlah gambar/foto pelengkap
  5. Kelebihan calon buku Anda dibandingkan buku sejenis
  6. Buku pembanding di pasaran (sebutkan judul buku dan nama penerbit, minimal 3 pembanding)
  7. Daftar Isi
  8. Profil penulis
  9. Sample penulisan naskah 5 – 10 halaman

Skema Kerjasama:
Anda boleh memilih Royalty atau Jual putus

Catatan:
  1. Karena keterbatasan redaksi, mohon maaf kami tidak bias membalas satu persatu email yang masuk ke redaksi kami. Sebagai tolak ukur outline Anda tidak ada yang mengACC adalah setelah maksimal 2 bulan tidak ada kabar, Anda boleh menarik kembali outline Anda.
  2. Untuk buku keterampilan, buatlah sample penulisan 1 kreasi dan sample pemotretan satu kreasi step by step
  3. Untuk buku resep masakan, buatlah sample penulisan 1 resep dan sample pemotretannya
  4. Untuk buku agama, buatlah sample penulisan yang sudah lengkap dengan tulisan ayat dalam program NONOSOFT

Tambahan:
Sewaktu-waktu informasi ini berubah demi penyempurnaan pelayanan kami.
Kirimkan ke:
indscript.creative@gmail.com
subject: TITIPAN NASKAH
Read more

Sistematika Pengiriman Naskah

Berikut sistematika pengiriman naskah dalam satu file:


1. Judul dan nama penulis (dalam satu halaman)


2. Sinopsis

3. Daftar isi

4. Naskah isi

5. Profil penulis

6. Biodata penulis lengkap (jangan lupa karya yang pernah diterbitkan ditulis ya)



Sistematika pengetikan Times New Roman, 12 poin, 1,5 spasi

Selamat menulis dan mudah-mudahan bisa bekerjasama dengan kami,

Redaksi Agensi Naskah Indscript Creative
Read more

Buku Anak



Terharu melihat wajah "anak" berikutnya
Alhamdulillah, setelah kelahiran novel anak "Laksamana Cheng Ho"
Kali ini menyusul "Patih Gajahmada, Pemersatu Nusantara"
Dipersembahkan untuk anak-anak Indonesia.
Coming soon di toko buku terdekat^^ 
Read more

Tips Agar Naskah bisa Lolos dan di Promosikan ke Penerbit

Bagaimana supaya naskah saya bisa lolos di agensi naskah Indscript Creative kemudian dipromosikan ke penerbit?

1. Buatlah naskah yang rapi secara ketikan. Spesifikasinya: Times New Roman, 12 poin, spasi 1,5, dan jumlah halaman minimal 120 hal untuk satu naskah buku 
==> dengan ketikan yang rapi tidak membuat kami jenuh membacanya

2. Buatlah naskah yang rapi secara EYD. Biasakan untuk membaca kembali naskah yang akan dikirimkan, perbaiki salah huruf, salah ketik, dan bahasa yang tidak sesuai dengan EYD. Mulailah menjadi editor buku Anda sendiri.
==> dengan naskah yang rapi secara EYD membuat kami semakin tertarik membacanya

3. Buatlah sinopsis buku yang menjadi guide redaksi sebelum membaca keseluruhan isi naskah. Paling banyak 2-3 paragraf singkat yang menjabarkan isi buku.
==> dengan memberikan sinopsis yang menarik membuat redaksi semakin terpikat untuk membacanya. sinopsis sebaiknya disimpan sebelum isi naskah secara keseluruhan.

4. Buatlah profil penulis seinformatif mungkin. Mulai dari nama, nama pena, alamat email, no kontak telp, karya yang pernah dipublikasikan, hingga prestasi yang akan menjadi pemikat nilai buku.
==> semakin menarik profil Anda semakin menarik penerbit untuk membukukannya

5. Cek ricek kembali apakah naskah Anda sudah JEMPOLAN dan layak siap bersaing dengan buku yang lain yang sudah terbit? apakah naskah Anda akan jadi trend setter? atau naskah Anda sebetulnya pengikut buku lainnya? kalau begitu berikan kami alasan kenapa naskah Anda harus Agensi perjuangkan menembus penerbitan.

Selamat menulis dan mudah-mudahan bisa bekerjasama dengan kami,
Redaksi Agensi Naskah Indscript Creative
Read more

Kenapa Harus Bekerjasama dengan Agensi Naskah?


Ada banyak alasan kenapa Anda memilih bekerjasama dengan agensi naskah Indscript Creative:

1. Informasi yang up date mengenai kebutuhan di dunia penerbitan.
2. Manajemen kontrak penerbitan tiga pihak yang transparan.
3. Pembinaan berkesinambungan.
4. Pola promosi buku yang terus menerus sehingga buku menjadi lebih langgeng di lapangan.



Buku terbaru dari penulis di manajemen Indscript Creative
Diterbitkan oleh Pustaka Rama
Harga 59.000

Bisa dipesan di pesanbuku.indscript@gmail.com

Read more

Berbagi Royalti dengan Agensi Naskah

Kenapa sih harus BERBAGI ROYALTY dengan AGENSI NASKAH?

1. Agensi naskah adalah industri yang dikelola secara manajemen bukan personal sehingga ada biaya dalam pengelolaannya.
2. Agensi naskah bukan CALO yang hanya menyalurkan naskah namun mengemas naskah melalui proses yang hampir menyerupai penerbitan misalnya dengan adanya editor hingga artistik

3. Agensi naskah dan penulis menjadi patner kerja yang win-win solution bukan hanya menguntungkan/merugikan salah satu pihak
4. Agensi naskah akan memberikan pelayanan pra dan after naskah penulis naik cetak
5. Agensi naskah bekerjasama dengan penulis untuk melesatkan buku-buku yang dikerjasamakan dengan penerbit.

Salam menulis,
Agensi Naskah IndscriptCreative
Read more

Standarisasi Pengiriman Outline

Bagaimana cara bekerjasama dengan Indscript?

Dear penulis dan calon penulis Indscript Creative, untuk lebih menyempurnakan pelayanan kami ke klien yang kini berjumlah lebih dari 30 penerbit. Kami mengatur standar pembuatan outline untuk dilengkapi dengan hal-hal berikut: 
  1. Judul
  2. Alternatif judul
  3. Rencana jumlah halaman naskah
  4. Rencana jumlah gambar/foto pelengkap
  5. Kelebihan calon buku Anda dibandingkan buku sejenis
  6. Buku pembanding di pasaran (sebutkan judul buku dan nama penerbit, minimal 3 pembanding)
  7. Daftar Isi
  8. Profil penulis
  9. Sample penulisan naskah 5 – 10 halaman 
Skema Kerjasama:
Anda boleh memilih Royalty atau Jual putus
Catatan:
  1. Karena keterbatasan redaksi, mohon maaf kami tidak bias membalas satu persatu email yang masuk ke redaksi kami. Sebagai tolak ukur outline Anda tidak ada yang mengACC adalah setelah maksimal 2 bulan tidak ada kabar, Anda boleh menarik kembali outline Anda.
  2. Untuk buku keterampilan, buatlah sample penulisan 1 kreasi dan sample pemotretan satu kreasi step by step
  3. Untuk buku resep masakan, buatlah sample penulisan 1 resep dan sample pemotretannya
  4. Untuk buku agama, buatlah sample penulisan yang sudah lengkap dengan tulisan ayat dalam program NONOSOFT 
Tambahan:
Sewaktu-waktu informasi ini berubah demi penyempurnaan pelayanan kami.
Kirimkan ke:
indscript.creative@gmail.com
subject: TITIPAN NASKAH
Read more

Wednesday, February 15, 2012

46 Kisah Seru dan Penuh Inspiratif tentang Para Ibu Hebat

Kisah para ibu hebat yang tertulis indah ala Chicken Soup Indonesia dalam buku STORYCAKE FOR AMAZING MOMS diterbitkan hasil kerjasama antara Agensi Naskah IndscriptCreative dan Gramedia Pustaka Utama ini telah masuk jajaran buku LARIS di TB Gramedia Medan. Anda sudah punya buku ini?

TB Gramedia mana yang akan menyusul ya memajang buku ini di rak BUKU LARIS? Mari kita lihat! ^__^
Read more

Belajar Jadi Penulis Yuk!

Mari belajar menjadi penulis yang mampu:
1. Rendah hati pada setiap pujian
2. Bekerjasama pada setiap kritikan
3. Tepat waktu pada setiap penulisan yang disepakati deadlinenya
4. Mengusahakan dengan cepat pada permintaan revisi
5. Membantu kelancaran penjualan buku dengan terus melakukan promosi
6. Menghargai hal intelektual orang lain dengan tidak mengCOPAS tulisan mereka
7. Memberikan tulisan terbaik yang tidak dikerjakan dengan terburu-buru
8. Belajar dan berproses untuk terus memperbaiki tulisan

Selamat pagi dan semangat menulis,
Agensi Naskah IndscriptCreative
indscript.creative@gmail.com
*Punya naskah JEMPOLAN? Kirimkan ke kami :D
Read more

Alasan Harus Promosi Buku

Beberapa alasan kenapa penulis harus PROMOSI buku:

1. Ada lebih dari 100 buku baru setiap hari datang ke toko buku. Kalau tidak dipromosikan maka buku kita cepat LENYAP!
2. Promosi akan meningkatkan daya jual buku dan kalau buku karya kita lancar dijual maka penerbit akan senang menerbitkan buku kita.
3. Promosi bukan hanya tanggungjawab penerbit tapi tanggungjawab kita semua, termasuk didalamnya Agensi Naskah :)
4. Kalau buku sudah dipromosikan dan laku, ROYALTY akan masuk lebih banyak dan umur buku lebih panjang.
5. Social media memungkinkan kita berpromosi dengan cara lebih lembut dan dampak lebih cepat. Misalnya dengan membuat status dari kalimat di buku kita :p

So, tidak ada alasan tidak promosi buku!

Ada pendapat lain?
Read more

Kenapa Memakai Jasa Agensi Naskah

Beberapa alasan Anda memilih Agensi Naskah IndscriptCreative untuk menjadi MANAJEMEN karya-karya Anda:

1. TRANSPARANSI pembagian royalty yang dbuat dalam perjanjian 3 pihak antara penulis - penerbit -agensi.
2. BISNIS MANAJEMEN bukan PERSONAL membuat kami memiliki struktur organisasi yang lebih menyerupai penerbitan sehingga pola perlakuan akan naskah lebih termanajemeni dengan baik.
3. KERJASAMA HINGGA PROMOSI membuat kami sering mengadakan berbagai kegiatan yang fungsinya mendorong penjualan buku di lapangan lebih baik dan memiliki umur lebih panjang.
4. PRODUKTIFITAS penulis lebih meningkat karena tidak perlu memikirkan kemana naskahnya akan dipromosikan. Kegiatan promosi naskah dilakukan agensi, penulis fokus menulis dan menghasilkan naskah JEMPOLAN :)
5. BERBADAN HUKUM sehingga kerjasama dengan penerbit bukan personal ke business melainkan business to business.
6. PENDAMPINGAN akan dilakukan pada penulis hingga naskahnya layak dan siap terbit.
7. PENERBIT YANG UNGGUL menjadi klien kami, sehingga penulis pemulapun berpotensi untuk jebol di penerbit kereen di Indonesia.
8. KOMUNITAS yang dimiliki agensi naskah kami memungkinkan untuk menjadi pasar potensial mempromosikan buku. Komunitas @ibu-ibu doyan nulis kini beranggotakan 5.643 ibu di seluruh dunia.

Apakah Anda punya pengalaman bekerjasama dengan kami? silakan share...

Salam menulis,
Redaksi Agensi Naskah Indscript Creative
Read more

Profil Usaha

Apa sih Indscript?


Indscript Creative didirikan karena keinginan dari calon Ibu yang ingin total bekerja di rumah. Meninggalkan hiruk-pikuk dunia karir demi mengurus keluarga. Berpikir untuk mencari bisnis apa yang bisa dikerjakan di rumah dan sesuai dengan minat yang dimiliki. Kebetulan hobi dan minat menulis mendorongnya untuk menjadikan profesi menulis menjadi sumber penghasilan.

Seiring berjalannya waktu, Indscript Creative pun terus berkembang. Indscript Creative mulai dibangun pada akhir tahun 2007. Ketika pertama kalinya didirikan, fokus pasar Indscript Creative adalah bidang penerbitan. Indscript Creative memposisikan diri sebagai agensi naskah, yaitu menjadi mediator antara penulis dengan penerbit, antara penerbit dengan penulis. Indscript Creative mengemas naskah supaya lebih cantik dan bernilai jual.

Kini, Indscript Creative memiliki 30 klien penerbit, 4 klien korporat, dan 2 klien Institusi pendidikan. Memiliki kerjasama dengan lebih dari 214 penulis aktif, 5 studio gambar, dan telah menetaskan lebih 2.000 judul buku di pasar bebas.
Read more

Tips Menulis Buku

By Roza Rianita Nursetia 
salah satu penulis produktif kami, berbagi tips seru bagaimana menghasilkan buku yang "BEDA" dengan buku lainnya:
1. Rajin-rajinlah ke TOKO BUKU dan amati pergerakan buku sejenis yang ingin Anda tulis.
2. Cermati kelebihan dan kekurangan buku sejenis
3. Terus eksplorasi kemampuan Anda menulis
4. Gali terus kreatifitas Anda dalam mengemas tulisan
5. Terus belajar dan terus menulis ^^


Salam menulis,
Agensi Naskah IndscriptCreative
Read more

Tempat Promosi Buku

Dimana saya akan melakukan promosi buku?
1. MEDIA CETAK/ELEKTRONIK. Mereka menyediakan slot untuk resensi buku. Anda bisa mengirimkan buku Anda atau sekedar mengirimkan hasil resensi plus cover buku Anda ke email mereka.
2. JEJARING SOSIAL. Tidak ada salahnya untuk menggunakan jejaring sosial seperti facebook atau twitter untuk mempromosikan buku Anda, dengan sejumlah friendlist yang Anda miliki maka ada kemungkinan mereka melihat apa yang Anda promosikan, dampaknya mereka akan membeli.
3. NGEBLOG. Kalau Anda suka ngeblog, maka mulailah mencantumkan karya-karya Anda, meresensikannya di blog, kalau perlu merekomendasikannya.
4. JADIKAN HADIAH. Mulailah mengganti kado untuk teman-teman Anda dengan buku. Makin terbiasa melakukan ini, makin berdampak pada penjualan buku Anda.
5. BEDAH BUKU. Tidak perlu bedah buku yang ramai, cukup undang teman-teman Anda hadir di rumah Anda dan bedah buku Anda dengan menarik. Jika, punya jaringan ke toko buku, bisa juga bekerjasama dengan penerbit melakukan bedan buku di toko-toko buku yang ramai pengunjung.
6. BACA DIMANA-MANA. Kemanapun Anda pergi, bacalah buku Anda dan buatlah orang melihat cover buku yang Anda baca :)

Anda punya ide lain?

Salam promosi buku,
Agensi Naskah IndscriptCreative
Read more

Bisnis Rumahan untuk Para Ibu

Bukan Sekadar Menyalurkan Naskah! Kami memanajemeni hingga hal-hal berikut:
1. Perjanjian Kontrak Penerbitan yang ditandatangani oleh tiga pihak
2. Promosi buku yang akan dilakukan di berbagai media
3. Launching buku bersama dengan komunitas yang dimiliki
4. Membranding nama penulis melalui berbagai aktifitas bisnis yang dilakukan
5. Bersama-sama dengan penulis membuat umur buku itu jauh lebih lama (long term)

Salam menulis!
Agensi Naskah IndscriptCreative
Read more